KADIN Kabupaten Cilacap

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

altSurabaya (ANTARA News) - Menkominfo Tifatul Sembiring mendukung rencana pengurus Kadin memproduksi perangkat tablet yang akan dipasarkan kepada masyarakat pada tahun ini dengan harga Rp600 ribu. "Kadin merencanakan produksi massal mulai tahun ini, tapi produksi awal mungkin 50.000 unit dulu," katanya dalam kuliah umum di Graha ITS Surabaya, Jumat.
Di hadapan ribuan mahasiswa ITS yang memadati gedung berkapasitas 3.000-an itu, ia menegaskan bahwa pihaknya mendukung gagasan Kadin dengan membeli sejumlah tablet untuk diberikan kepada mahasiswa. "Kami akan berikan beberapa kepada mahasiswa secara gratis. Selain itu, kami juga akan membantu Kadin dengan mencarikan pasar ke negara lain," katanya. Menurut dia, masyarakat dapat memanfaatkan tablet buatan Indonesia yang relatif murah itu untuk berbagai kepentingan, di antaranya e-health, e-learning, e-governmet, dan e-commerce.

 

KADIN CILACAP GELAR PRODUK UMKM DAN PASAR MURAH
oleh : hari

HUMAS CILACAP. Kadin Cilacap menggelar pameran produk usaha kecil dan Menengah/UMKM, Senin (03/12) di kantor Kadin Kabupaten Cilacap. Pameran produk UMKM dan pasar murah di buka oleh Wakil Bupati Cilacap, Akhmad Edi Susanto. Menurut Ketua Kadin Cilacap, Didiek Rahmadi, kadin akan terus berupaya memberdayakan UMKM, salah satunya dengan membuka enam kios di kantor Kadin dan membuat sepuluh ruang pamer dan tempat berjualan berbagai hasil UMKM.  Dengan pameran ini, lanjut Didiek diharapkan mampu mendorong UMKM untuk meningkatkan pemasaran, sehingga pada gilirannya akan terjadi komunikasi yang baik dengan terbukanya peluang pasar.

CILACAP, (CIMED) - Upah minimum kabupaten (UMK) Cilacap tahun 2013 diusulkan naik antara 13-15 persen. Hal itu menyusul tercapainya kesepakatan antara perwakilan perusahaan dan pekerja yang difasilitasi tripartit. Sekaligus menentukan UMK di Cilacap tetap terbagi tiga zona wilayah.

UMK untuk wilayah Kota Cilacap diusulkan sebesar Rp 986 ribu per bulan atau naik 15,7 persen. Sebelumnua UMK tahun 2012 sebesar Rp 852 ribu per bulan. Selanjutnya wilayah Timur menjadi Rp 861 ribu per bulan atau naik 15,2 persen, pada tahun sebelumnya Rp 747 ribu per bulan. Dan wilayah Barat menjadi Rp 816 ribu per bulan atau naik 13,3 persen, yang pada tahun 2012 Rp 720 ribu per bulan.

 

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, selain krisis keuangan global, pemerintah juga mewaspadai terjadinya krisis pangan global. Untuk itu, pemerintah menyediakan dana darurat pangan sebesar Rp 3 triliun serta dana risiko fiskal Rp 15,8 triliun.

JAKARTA- PT PLN (Persero) menandatangani proyek Kerja Sama Pemerintah-Swasta (KPS) pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jateng berkapasitas dua kali 1.000 megawatt senilai Rp 30 triliun.

“Proyek KPS PLTU Jateng ini merupakan proyek KPS skala besar pertama, sekaligus proyek pertama yang dilakukan dengan Perpres No 67/2005 mengenai kerja sama pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat penandatanganan proyek tersebut di kantornya Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis.

I.  Catatan Waralaba Kadin-Wali

Banyak pihak beranggapatan bahwa waralaba identik dengan sektor modern, dan usaha skala mikro kecil adalah sektor tradisional. Keduanya tidak dapat dipertemukan, karena secara hakiki berlawanan satu sama lain.

Anggapan ini salah. Waralaba tidak identik dengan sektor modern, apalagi ukuran berdasarkan skala usaha mikro, kecil, menengah dan besar. Waralaba adalah suatu perangkat lunak dalam sistem bisnis atau konsep usaha. Semua skala usaha, termasuk yang dikategorikan nontradisional dan tradisional dapat menggunakan atau memanfaatkan sistem waralaba.

Meski potensi UMKM di Jateng cukup besar, namun masih terdapat permasalahan yang mengganjal. Seperti masih sulitnya akses ke perbankan terutama mengenai persyaratan jaminan/agunan, masih rendahnya jiwa kewirausahaan dan menggunakan manajemen yang tradisional, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja yang masih rendah,kesulitan dalam memperluas usaha, jangkauan pemasaran yang terbatas dan cenderung mengandalkan pasar tradisional, pengelolaan keuangan yang masih tradisional, penggunaan teknologi yang masih sederhana dalam proses produksi yang mengakibatkan rendahnya kualitas produk, serta keterbatasan dalam mengakses lembaga yang dapat membantu pengembangan usaha karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan informasi.

Website dan Majalah Kabar Kadin diluncurkan bersamaan dengan acara halalbihalal Kadin Jateng di Patra Convention Hotel, kemarin.  Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan media tersebut dihadirkan guna menggali potensi dan peluang di Jateng. “Kita tidak sadar kalau peluang-peluang itu ada di sekitar kita. Hari ini (kemarin-Red) kita me-launching Kabar Kadin agar bisa menjembatani dengan para pelaku usaha yang ada di kabupaten dan kota,” ujarnya.

Harga emas turun tajam karena aksi ambil untung (profit taking) pada Rabu, satu hari setelah melewati 1.900 dolar AS per troy ounce untuk pertama kalinya, kata pedagang.

Emas turun serendah 1.761,28 dolar AS per troy ons di London Bullion Market setelah mencapai rekor tertinggi 1.913,50 dolar AS per troy ons pada Selasa -- kehilangan delapan persen, lapor AFP.

Indonesia adalah menarik perhatian meningkat dari sektor komunikasi internasional, baik sebagai pasar untuk produk-produk canggih dan karena profilnya berkembang sebagai pusat pengembangan dan inovasi.

Sebuah penelitian terbaru oleh Yahoo! perusahaan internet menunjukkan bahwa sementara 40m hanya penduduk Indonesia dari 232m yang terhubung ke internet, pertumbuhan penggunaan meningkat cepat, dengan peningkatan 48% dalam jumlah pengguna bersih lebih dari 2010, lebih dari dua kali lipat 22% tingkat ekspansi yang tercatat pada tahun 2009.

  • Menkominfo Dukung Kadin Buat Tablet

    Senin, 11 Maret 2013 10:53
  • KADIN CILACAP GELAR PRODUK UMKM DAN PASAR MURAH

    Selasa, 04 Desember 2012 00:00
  • Tahun 2013, UMK Cilacap Diusulkan Naik 13-15 Persen

    Jumat, 30 November 2012 00:00
  • SELAIN KRISIS KEUANGAN GLOBAL ; Waspadai Dampak Krisis Pangan

    Kamis, 27 Oktober 2011 09:55
  • PLTU Jateng, Proyek Pemerintah-Swasta Terbesar

    Senin, 10 Oktober 2011 11:38
  • Mendorong Bisnis Waralaba

    Senin, 10 Oktober 2011 11:35
  • Bimbingan Usaha Mikro Digencarkan

    Jumat, 07 Oktober 2011 10:20
  • Majalah dan Website Kadin Jateng Diluncurkan

    Selasa, 20 September 2011 10:18
  • Emas Turun Tajam Setelah Capai Rekor Tertinggi

    Selasa, 30 Agustus 2011 10:15
  • Indonesia: Mendapatkan TI bersama-sama

    Sabtu, 27 Agustus 2011 10:13

Fungsi dan Tugas Pokok

Surel Cetak PDF

FUNGSI

KADIN berfungsi sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi danadvokasi pengusaha Indonesia, antara pera pengusaha Indonesia dan pemerintah, dan antara para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan profesional, serta, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional.

 

TUGAS POKOK

Untuk mencapai tujuan sebagaimana dimaksud Pasal 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987, serta Pasal 8 dan Pasal 9 Anggaran Dasar, KADIN mempunyai tugas pokok sebagaimana dimaksud Pasal 6, Pasal 7 dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987, serta:

  1. Memfasilitasi penciptaan sinergi antar pengusaha Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya.
  2. Melaksanakan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan pemerintah dalam rangka mewakili kepentingan dunia usaha.
  3. Mewakili dunia usaha dalam berbagai forum penentuan kebijaksanaan ekonomi.
  4. Memfasilitasi pengembangan tanggung jawab sosial perusahaan.
  5. Membudayakan etika bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dikalangan dunia usaha.
  6. Membina dan meberdayakan Organisasi Perusahaan dan Organisasi Pengusaha sehingga mampu berperan optimal dalam pembangunan dunia usaha.
  7. Memberikan akreditasi kepada Organisasi Perusahaan yang akan menerbitkan sertifikat sesuai dengan kriteria dan prosedur yang ditetapkan Kadin Indonesia.
  8. Memberikan jasa-jasa layanan, dalam bentuk pemberian surat keterangan, penengahan, arbitrase, dan rekomendasi surat-surat yang diperlukan bagi kelancaran usahanya.
  9. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pemerintah serta memperjuangkan berbagai pelimpahan wewenang sesuai dengan semangat dan jiwa Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987.
  10. Meningkatkan efisensi dunia usaha Indonesia dengan menyediakan pelayanan di bidang informasi pengembangan usaha, solusi teknologi, sumber daya manusia (SDM), manajemen kendali mutu (MKM), manajemen energi, lingkungan, dan sebagainya.
  11. Mendorong tumbuh berkembangnya kewirausahaan dan wirausaha baru serta mengembangkan bisnis baik yang memiliki lingkup nasional, regional maupun internasional.
?>?>